Kamis, 24 November 2011

Bolu Gulung Pandan


Ini adalah uji coba yang ke berapa kalinya sampai akhirnya cukup puas dengan hasil bolgul yg kubuat hari ini..kuenya lembut banget, waktu dioven hmm wangi pandan memenuhi dapurku..bikin laperrr. Anak2pun ngga sabar menunggu hasil kuenya difoto n begitu selesai langsung deh diserbu anak2, mereka bilang enak..senang rasanya. Kayaknya ketagihan deh buat bolgul lagi..hehe. Resepnya aku pake punya mbak Ricke “Bunda Nadhifa. makasih ya mbak resep beserta step-stepnya
Bahan :
  1. 3 telur utuh
  2. 3 kuning telur
  3. 65 gula pasir halus (gula kastor)
  4. 1 sdt emulsifier (SP/TBM)
  5. ½ sdm air
  6. 50 gr tepung protein sedang
  7. 1/8 sdt baking powder
  8. 50 gr margarin + 15 gr unsalted butter (mentega tawar), lelehkan dan dinginkan (bisa pake full butter atau margarin saja)
  9. 1 sdt pasta pandan
Filling : Butter cream , keju cheddar parut
Cara membuat :
  1. Ayak terigu,susu bubuk, baking powder, sisihkan
  2. Panaskan oven 190 – 200 derajat celcius. Alasi loyang dengan kertas roti, oles margarin. 
  3. Kocok telur, gulapasir, emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak dengan mixer kecepatan tinggi. 
  4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan rendah/ dengan spatula dengan teknik aduk balik. 
  5. Masukkan pasta pandan, aduk sampai merata. 
  6. Tuang adonan dalam loyang, ratakan permukaannya. Panggang dalam oven dengan api bawah selama 25 menit atau sampai bewarna kuning kecoklatan. 
  7. Keluarkan cake dari loyang dengan cara dibalikkan keatas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake.
  8. Balikkan kembali ke rak kawat pendingin. Biarkan hingga benar2 dingin, Balikkan kembali ke kertas roti. Oles butter cream, taburi keju parut disalah satu sisi. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya. Kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya,potong2 dan hidangkan. 
-- by Tya Andrey --

Tidak ada komentar:

Posting Komentar